Langsung ke konten utama

mini artikel : NEW NORMAL ERA COVID19 Oleh Siswa Kelas 5 SDNSokaraja 2019/2020



siswa kelas 5 tahun pelajaran 2019/2020 membuat karangan mengenai masa Pandemi karena COVID19. Mari kita lihat bagaimana karya anak-anak penuh kekuatan mengumpulkan semangat untuk belajar.

NEW NORMAL ERA COVID19


By: Adzana Suci Fatonia Sari
Pada bulan maret Virus Corona mulai menyebar di Indonesia. Virus ini membuat banyak orang takut dan cemas. Gejala Virus Corona yaitu demam, batuk, sesak nafas. Belum ditemukan vaksin untuk mengobati Virus Corona. Yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona yaitu memakai masker, cuci tangan pakai sabun, berdiam diri dirumah, jaga jarak 1-2 meter.
                Sekarang banyak orang terinfeksi Virus Corona dan menyebabkan kematian akan tetapi banyak pula orang yang terinfeksi kemudian sembuh. Karena virus ini sangat berbahaya banyak kegiatan dilakukan dirumah bahkan sholat jumat dan tarawih yang biasa dikerjakan dimasjid pun dikerjakan dirumah. Lebaran tahun ini pun berbeda dengan tahun sebelumnya . banyak saudara-saudara yang diperantauan tidak boleh mudik atau pulang kampung.
                Setelah 3 bulan belajar dirumah kini pemerintah menyelenggarakan “new normal” yaitu sebagai cara tatanan hidup baru ditengah wabah. Tak luput juga di dunia pendidikan new normal diberlakukan guna melindungi pelajar dari penularan corona. Dengan menerapkan protocol kesehatan seperti mnejaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun dan mnejaga jarak.

By : Alif Arafi’i
                Tahun 2020 ini adalah tahun yang berbeda. Kami terpaksa belajar dirumah akrena ada Covid19. Virus Covid 19 adalah virus yang menyerang saluran pernapasan hingga ke paru-paru. Virus ini menyebar dan menular sangat cepat melalui doplet. Covid19 ini menyebabkan sesak napas hingga gagal napas yang berakibat kematian. Angka kematian Covid19 ini cukup tinggi. Sudah lebih 3 bulan kami dirumah. Kini pemerintah mau menyelanggarakan new normal. New normal yaitu kebiasaan hidup baru, kebiasaan yang dilakukan sebelum ada Covid19. Menurutku jika new normal dilakukan maka harus ada aturan baru disekolah supaya semua sehat dan selamat. Aturan yang harus dilakukan disekolah adalah pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan sebelum masuk kelas dan selalu membawa hansanitizer. Inilah pendapat saya mengenai new normal.

By: Hasna Nabila Hanun
                Covid19 merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga serius seperti MERS dan SARS. Covid19 ditemukan pada manusia sejak Desember 2019 di Wuhan, China.
                Keputusan pemerintah yang mendadak dengan meliburkan atau memindahkan proses pembelajaran dari sekolah / madrasah menjadi dirumah, membuat kelimpungan banyak pihak. Harus diakui bahwa tidak semua guru bisa teknologi. Keadaan hampir sama dialami oelh para siswa yang belum punya atau ahli teknologi. Selain itu dibutuhkan juga jaringan internet dan kuota.
                New normal adalah bentuk adaptasi tetap beraktifitas dengan mengurangi kontak fisik dan menghindari kerumunan. Semua aktifitas masyarakat akan kembali diizinkan mulai dari kerja, sekolah hingga ketempat wisata. Namun, semua aktifitas tersebut harus dijalani dnegan mematuhi protocol kesehatan guna mencegah penularan Virus Corona. Daerah yang siap new normal adalah jawa tengah, Bali, DKI Jakarta dan DIY.
                Menurutku, jika new normal dilaksanakan maka harus ada aturan baru disekolah supaya semua sehat dan selamat. Menurutku aturan yang harus dilakukan disekolah adalah menyediakan sarana untuk cucitangan menggunakan air dan sabun atau handsanitizer, mneyemprotkan ruangan sekolah secara rutin (minimal 1x sehari) dengan desinfektan, jika ada warga sekolah terkena ciri-ciri Virus Corona segera hubungi ke fasilitas kesehatan.

tulisan lain yang dibuat oleh siswa






 

Komentar

  1. Bagus sekali bu Rima bimbing ansk ansk kita menjadi penulis yang kreatif nggih!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu, amin... semoga kedepannya mereka lebih lancar dalam menggunakan bahasa tulisan.

      Hapus
  2. Alhamdulillah, anak anak pintar pintar bu guru yg menjembatani juga profesional, smoga sdn sokaraja semakin maju dan sukses dalam mendidik n membimbing anak2....

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin, terimakasih doanya.

      iya, anak-anak sebenarnya ada kemampuan, hanya belum digali lebih dalam^^

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBACA GARIS LINTANG DAN GARIS BUJUR

Kita akan belajar tentang garis lintang dan garis bujur. Dengan belajar garis lintang dan garis bujur kita bisa membaca sebuah peta dengan lebih baik, selain itu akan membantu kita dalam mempelajari tentang alam. Sebelumnya kita lihat penjelasan dari Youtube berikut ini! Setelah melihat video diatas kita jadi tahu tentang apa itu garis lintang dan garis bujur ya, sesuai gambar, garis bujur adalah garis yang melintang vertikal (Garis Bujur adalah garis maya yang ditarik dari kutub utara hingga ke kutub selatan atau sebaliknya), sedangkan garis lintang adalah garis yang melintang horisontal (Dalam bahasa Indonesia lintang di sebelah utara khatulistiwa diberi nama Lintang Utara (LU), demikian jua lintang di sebelah selatan khatulistiwa diberi nama Lintang Selatan (LS)).

BAHASA JAWA-KAMIS, 16092021-

 JAWABAN PERTANYAAN BAHASA JAWA TENTANG DWILINGGA, TEMBUNG ENTAR LAN TEMBUNG ANDHAHAN TEMBUNG-TEMBUNG ING JERO KURUNG IKI BENERNA! 1. ngguya-ngguyu 2. mlayu-mlayu 3. sora-sare 4. undur-undur 5. ali-ali 6. paru-paru 7. gojag gajeg 8. balang-balangan 9. tokan-takon 10. ondhe-ondhe jodhokna pretelan sisih kiwa lan tengen supaya mathuk! 1. E (taberi=sregep) 2. D (kojah=mulang) 3. A (sira=kowe) 4. B (pasthi=temenan) 5. C (singgahana=dhelikna) 6. E (nggenggem tangan= kesed) 7. D (resik atine=becik) 8. A (dawa tangane=seneng nyolong) 9. C (landhep dhengkul=bodho) 10. B (padhang ulate=sumeh)

JAWABAN TUGAS BDR 22-24 MEI 2023