Langsung ke konten utama

PULAU-PULAU BESAR DI INDONESIA

PULAU-PULAU BESAR DI INDONESIA

 INDONESIA adalah negara yang sangat istimewa. INDONESIA disebut sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Apapkah kalian sudah mengenal pulau-pulau besar di Indonesia? Kenali dulu yuk pulau-pulau di Indonesia.
kalian bisa baca atau lihat video di bawah ini!



Kondisi Geografi Pulau Jawa.


Jawa bertetangga dengan Sumatera di sebelah barat, Bali di timur, Kalimantan di utara, dan Pulau Natal di selatan. Pulau Jawa merupakan pulau ke-13 terbesar di dunia.

Perairan yang mengelilingi pulau ini ialah Laut Jawa di utara, Selat Sunda di barat, Samudera Hindia di selatan, serta Selat Bali dan Selat Madura di timur. Jawa memiliki luas sekitar 126.700 km2.

Sungai yang terpanjang ialah Bengawan Solo, yaitu sepanjang 600 km. Sungai ini bersumber di Jawa bagian tengah, tepatnya di gunung berapi Lawu. Aliran sungai kemudian mengalir ke arah utara dan timur, menuju muaranya di Laut Jawa di dekat kota Surabaya.

Hampir keseluruhan wilayah Jawa pernah memperoleh dampak dari aktivitas gunung berapi. Terdapat tiga puluh delapan gunung yang terbentang dari timur ke barat pulau ini, yang kesemuanya pada waktu tertentu pernah menjadi gunung berapi aktif. Gunung berapi tertinggi di Jawa adalah Gunung Semeru (3.676 m), sedangkan gunung berapi paling aktif di Jawa dan bahkan di Indonesia adalah Gunung Merapi (2.968 m) serta Gunung Kelud (1.731 m).

Jawa adalah tempat pertama penanaman kopi di Indonesia, yaitu sejak tahun 1699. Kini, kopi arabika banyak ditanam di Dataran Tinggi Ijen baik oleh para petani kecil maupun oleh perkebunan-perkebunan besar. Dataran Tinggi Parahyangan, dilihat dari Bogor (k. 1865-1872).

Secara administratif pulau Jawa terdiri atas enam provinsi:

– Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

– Provinsi Banten, dengan ibukota provinsi Kota Serang.

– Provinsi Jawa Barat, dengan ibukota provinsi Kota Bandung.

– Provinsi Jawa Tengah, dengan ibukota provinsi Kota Semarang.

– Provinsi Jawa Timur, dengan ibukota provinsi Kota Surabaya.

– Daerah Setingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan ibukota Kota Yogyakarta.



Geografis Pulau Sumatera.

Pulau Sumatera terletak di bagian barat gugusan kepulauan Nusantara. Di sebelah utara berbatasan dengan Teluk Benggala, di timur dengan Selat Malaka, di sebelah selatan dengan Selat Sunda dan di sebelah barat dengan Samudra Hindia.

Di sebelah timur pulau, banyak dijumpai rawa yang dialiri oleh sungai-sungai besar yang bermuara di sana, antara lain Asahan (Sumatera Utara), Sungai Siak (Riau), Kampar, Inderagiri (Sumatera Barat, Riau), Batang Hari (Sumatera Barat, Jambi), Musi, Ogan, Lematang, Komering (Sumatera Selatan), Way Sekampung, Way Tulangbawang, Way Seputih dan Way Mesuji (Lampung). Sementara beberapa sungai yang bermuara ke pesisir barat pulau Sumatera di antaranya Batang Tarusan (Sumatera Barat) dan Ketahun (Bengkulu).

Di bagian barat pulau, terbentang pegunungan Bukit Barisan yang membujur dari barat laut ke arah tenggara dengan panjang lebih kurang 1500 km. Sepanjang bukit barisan tersebut terdapat puluhan gunung, baik yang tidak aktif maupun gunung berapi yang masih aktif, seperti Geureudong (Aceh), Sinabung (Sumatera Utara), Marapi dan Talang (Sumatera Barat), Gunung Dempo (Sumatera Selatan), Gunung Kaba (Bengkulu), dan Kerinci (Sumatera Barat, Jambi).

Di pulau Sumatera juga terdapat beberapa danau, di antaranya Danau Laut Tawar (Aceh), Danau Toba (Sumatera Utara), Danau Singkarak, Danau Maninjau, Danau Diatas, Danau Dibawah, Danau Talang (Sumatera Barat), Danau Kerinci (Jambi) dan Danau Ranau (Lampung dan Sumatera Selatan).

 Daftar gunung di Sumatera Gunung Bandahara, Aceh (3.030 m) Gunung Dempo, Sumatera Selatan (3.159 m) Gunung Geureudong, Aceh (2.885 m) Gunung Kerinci, Sumatera Barat dan Jambi (3.805 m) Gunung Leuser, Aceh (3.172 m) Gunung Marapi, Sumatera Barat (2.891 m) Gunung Perkison, Aceh (2.828 m) Gunung Singgalang, Sumatera Barat (2.877 m) Gunung Talamau, Sumatera Barat (2.912 m) Gunung Talang, Sumatera Barat (2.597 m)

Provinsi, Ibu kota , Populasi

– Aceh, ibukotanya Banda Aceh.

– Sumatera Utara, ibukotanya Medan .

– Sumatera Barat, ibukotanya Padang.

– Riau, ibukotanya Pekanbaru .

– Kepulauan Riau, ibukotanya Tanjung Pinang.

– Jambi, ibukotanya Jambi.

– Bengkulu, ibukotanya Bengkulu.

– Sumatera Selatan, ibukotanya Palembang.

– Kepulauan Bangka Belitung, ibukotanya ibukotanya Pangkal Pinang.

– Lampung Bandar, ibukotanya Lampung.



Geografi Pulau Kalimantan.


  Pulau Kalimantan terletak di sebelah utara pulau Jawa, sebelah timur Selat Melaka, sebelah barat pulau Sulawesi dan sebelah selatan Filipina. Luas pulau Kalimantan adalah 743.330 km².

Pulau Kalimantan dikelilingi oleh Laut Cina Selatan di bagian barat dan utara-barat, Laut Sulu di utara-timur, Laut Sulawesi dan Selat Makassar di timur serta Laut Jawa dan Selat Karimata di bagian selatan.

Terdapat pula Gunung Palung, Gunung Lumut, dan Gunung Liangpran. Sungai-sungai terpanjang di Kalimantan adalah Sungai Kapuas (1143 km) di Kalimantan Barat, Indonesia, Sungai Barito (880 km) di Kalimantan Tengah, Indonesia, Sungai Mahakam (980 km) di Kalimantan Timur, Indonesia.



Geografis Pulau Sulawesi.


Sulawesi merupakan pulau terbesar keempat di Indonesia setelah Papua, Kalimantan dan Sumatera dengan luas daratan 174.600 kilometer persegi. Bentuknya yang unik menyerupai huruf K besar yang membujur dari utara ke selatan dan tiga semenanjung yang membujur ke timur laut, timur, dan tenggara.

Pulau ini dibatasi oleh Selat Makasar di bagian barat dan terpisah dari Kalimantan serta dipisahkan juga dari Kepulauan Maluku oleh Laut Maluku. Sulawesi berbatasan dengan Borneo di sebelah barat, Filipina di utara, Flores di selatan, Timor di tenggara dan Maluku di sebelah timur.

 Daftar gunung di Sulawesi :

– Gunung Lokon (1.689 mdpl). – Gunung Klabat. – Gunung Soputan. – Gunung Mekongga (2.620 mdpl).– Gunung Mahawu.– Gunung Bawakaraeng (2.705 mdpl).– Gunung Latimojong (3.680 mdpl).– Gunung Karangetang.– Gunung Awu.– Gunung Bawah Laut Sangihe.– Gunung Gandang Dewata (3307 mdpl).

 

Geografis Kepulauan Maluku.


Kepulauan Maluku berbatasan dengan Pulau Sulawesi di sebelah barat, Nugini di timur, dan Timor Leste di sebelah selatan, Palau di timur laut.

Secara geografis batas-batas antara Maluku Utara dan Provinsi Maluku di bagian Bagian Utara, barat papua provinsi di timur, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah di Barat, dan The Republik Demokratik Timor-Leste dan Australia di Selatan. Sekitar 90% Provinsi Maluku merupakan daerah laut.

Sebagai Provinsi Kepulauan, Maluku memiliki 559 pulau yang memiliki pulau-pulau yang relatif besar beberapa, antara lain: pulau Seram (18 625 km2), Pulau Buru (9000 km2), Yamdena (5085 km2) dan Pulau Wetar (3624 km2). Dengan kondisi dominan perairan daerah, Provinsi Maluku sangat terbuka untuk berinteraksi dengan yang lain Provinsi dan negara-negara sekitarnya.


Geografis Pulau Papua.



Papua adalah sebuah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia. Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini.

Provinsi Papua dulu mencakup seluruh wilayah Papua Bagian barat, namun sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua provinsi dengan bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat. Papua memiliki luas 808.105 km persegi dan merupakan pulau terbesar kedua di dunia dan terbesar pertama di Indonesia.

 Batas Utara, Samudera Pasifik. Batas Selatan : Samudera Hindia, Laut Arafuru, Teluk Carpentaria, Australia. Batas Barat : Kepulauan Maluku. Batas Timur : Papua Nugini.

Gunung :

– Gunung Puncak Carstenz Pyramid (4,884 m.dpl) merupakan gunung tertinggi di Indonesia. (aktif)

– Puncak Jaya (4,860 m.dpl).

– Puncak Trikora (4,730 m.dpl).



Geografis Pulau Bali.

Gunung Agung adalah titik tertinggi di Bali setinggi 3.148 m. Gunung berapi ini terakhir meletus pada Maret 1963. Gunung Batur juga salah satu gunung yang ada di Bali. Sekitar 30.000 tahun yang lalu.

Berdasarkan relief dan topografi, di tengah-tengah Pulau Bali terbentang pegunungan yang memanjang dari barat ke timur dan di antara pegunungan tersebut terdapat gugusan gunung berapi yaitu Gunung Batur dan Gunung Agung serta gunung yang tidak berapi, yaitu Gunung Merbuk, Gunung Patas dan Gunung Seraya.

Provinsi Bali memiliki 4 (empat) buah danau yang berlokasi di daerah pegunungan, yaitu Danau Beratan atau Bedugul, Buyan, Tamblingan, dan Batur.  Luas wilayah Provinsi Bali adalah 5.636,66 km2 atau 0,29% luas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Batas wilayah :

– Utara : Laut Bali

– Selatan : Samudera Hindia.

– Barat : Selat Bali, Provinsi Jawa Timur.

– Timur : Selat Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat.



Geografis Nusa Tenggara.


Kepulauan Nusa Tenggara adalah gugusan pulau-pulau di sebelah timur Pulau Jawa, dari Pulau Bali di sebelah barat, hingga Pulau Timor di sebelah timur.

Di awal kemerdekaan Indonesia, kepulauan ini merupakan wilayah Provinsi Sunda Kecil yang beribukota di kota Singaraja, kini terdiri atas 3 provinsi (berturut-turut dari barat): Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Pulau-pulau utama :

Nusa Tenggara Barat :

– Pulau Lombok.– Pulau Sumbawa.– Pulau Sangeang.– Pulau Moyo

Nusa Tenggara Timur :

– Pulau Komodo.– Pulau Flores.– Pulau Palue.– Pulau Adonara.– Pulau Solor.– Pulau Lomblen (Pulau Lembata).– Pulau Pantar.– Pulau Alor.– Pulau Sumba. – Pulau Timor. – Pulau Sawu.– Pulau Rote.



Sumber :http://5a-min1kolut.blogspot.com/2018/08/rangkuman-materi-tema-1-subtema-1-kelas.html

Sumber :http://5a-min1kolut.blogspot.com/2018/08/rangkuman-materi-tema-1-subtema-1-kelas.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBACA GARIS LINTANG DAN GARIS BUJUR

Kita akan belajar tentang garis lintang dan garis bujur. Dengan belajar garis lintang dan garis bujur kita bisa membaca sebuah peta dengan lebih baik, selain itu akan membantu kita dalam mempelajari tentang alam. Sebelumnya kita lihat penjelasan dari Youtube berikut ini! Setelah melihat video diatas kita jadi tahu tentang apa itu garis lintang dan garis bujur ya, sesuai gambar, garis bujur adalah garis yang melintang vertikal (Garis Bujur adalah garis maya yang ditarik dari kutub utara hingga ke kutub selatan atau sebaliknya), sedangkan garis lintang adalah garis yang melintang horisontal (Dalam bahasa Indonesia lintang di sebelah utara khatulistiwa diberi nama Lintang Utara (LU), demikian jua lintang di sebelah selatan khatulistiwa diberi nama Lintang Selatan (LS)).

BAHASA JAWA-KAMIS, 16092021-

 JAWABAN PERTANYAAN BAHASA JAWA TENTANG DWILINGGA, TEMBUNG ENTAR LAN TEMBUNG ANDHAHAN TEMBUNG-TEMBUNG ING JERO KURUNG IKI BENERNA! 1. ngguya-ngguyu 2. mlayu-mlayu 3. sora-sare 4. undur-undur 5. ali-ali 6. paru-paru 7. gojag gajeg 8. balang-balangan 9. tokan-takon 10. ondhe-ondhe jodhokna pretelan sisih kiwa lan tengen supaya mathuk! 1. E (taberi=sregep) 2. D (kojah=mulang) 3. A (sira=kowe) 4. B (pasthi=temenan) 5. C (singgahana=dhelikna) 6. E (nggenggem tangan= kesed) 7. D (resik atine=becik) 8. A (dawa tangane=seneng nyolong) 9. C (landhep dhengkul=bodho) 10. B (padhang ulate=sumeh)

JAWABAN TUGAS BDR 22-24 MEI 2023