Langsung ke konten utama

DramaDramaDrama (SuraMenggala.Adapted)


Sura Menggala
Sura Menggala            (mega):
GM Nora   ( GM nera)            :
Rosa karya      (rosa)               :
Kawan GM  (GM Giri)           :
Anak kecil                               :
Sekertaris                                :

Terdapatlah suatu ruang direktur, disana terdapat GM Nora   dan sekertaris yang sedang berbincang.
GM sedang sibuk melihat-lihat berkas-berkas yang ada di meja nya. Ditemani sekertaris yang berdiri disampingnya.
GM Nora         : sekertaris apa hari ini ada jadwal meeting?
Sekertaris        : sebentar GM akan saya lihat agendanya!(membuka-buka dan membaca    agenda)
Hari ini tidak ada pertemuan GM. Apa ada sesuatu yang ingin anda lakukan?
GM Nora        : hari ini tolong jemput keponakan ku! Dia dititipkan disini oleh orang tuanya!
Sekertaris        : dimana saya harus menjemputnya? Di bandara adi sucipto?
GM Nora        : tidak perlu! Kurasa ia sudah disini! Orang tuanya bilang ia akan diantar sampai kantor ini!
                           Keponakan yang dititipkan pada ku bernama Sura Menggala! Dia anak  yang pemalas,
                           Kehidupan keluarganya sangat miskin! Maka ia meminta aku untuk mempekerjakan mega!
                Tapi aku akan mengujinya dahulu!
Sekertaris        : baiklah kalau begitu! Akan saya panggil mega kemari!
Kemudian sekertaris berjalan mencari Sura Menggala. Akhirnya sekertaris menemukan mega yang Sedang duduk termangu, tanpa melakukan apapun.
Sekertaris        : mega!
Sura Menggala: ya...! Siapa kau? (tanyanya dengan santai)
Sekertaris        : aku sekertaris pribadi GM
Sura Menggala: (kaget) sekertaris??Ada apa sekertaris?
Sekertaris        : GM memanggil mu! Kau bisa ikut aku sekarang!
Sura Menggala : apa keperluan penting? Keperluan penting apa? Aku lelah, aku baru saja sampai!
Sekertaris        : mega , apa yang kau lakukan saat ini?
Sura Menggala            : tidak ada sekertaris!Aku sedang duduk disini! Aku dibuang sama bapak ku!
Sekertaris        : bagaimana bisa?
Sura Menggala            : bisa saja! Bapak ku tak suka jika aku tidur,dan makan saja!  Yaa.. Kadang kala ke wc juga!
Sekertaris        : apa hanya itu yang kau lakukan?
Sura Menggala            : iya, dari pada ku jual sapi bapakku! Mending aku tidur! Ternyata tidur pun bapak marah!
Sekertaris        : baiklah kalau begitu ikut aku ke ruang direktur sekarang.
Sura Menggala            : baiklah!

Kemudian mereka berjalan bersama menuju ruang direktur.
Sura Menggala: selamat siang paman ku! Senang sekali saya bisa berkunjung!
GM Nora         : berkunjung? Kau di sini tak hanya berkunjung mega! Kau bekerja untukku mega !
Sura Menggala            : paman yakin mempekerjakan ku?
GM Nora         : ya! Maukah kau?
Sura Menggala            : tentu saja! Pekerjaan apapun pasti imbalannya sangat menggiurkan!
GM Nora         : (GM Nora   tersenyum) benarkah kau mau melaksanakan apa yang akan aku perintahkan      kepadamu?
Sura Menggala            : tentu saja paman! Apa yang harus saya lakukan?
GM Nora         : aku hanya ingin kau menGirimkan surat ini pada GM Giri, pastikan surat ini selamat di  tangannya!
Sura Menggala: baik paman ,! Saya pergi!  (berbalik pergi, dengan semangat. Setelah beberapa langkah ia
                        Berbalik)  dimana GM Giri???
GM Nora         : dia di daerah surabaya! Dia sahabat karibku! Alamatnya ada di situ!
Sura Menggala            : baiklah! (berbalik pergi, dengan semangat. Setelah beberapa langkah ia berbalik)
                        Gimana caranya aku kesana?
GM Nora         : naik lah bis!
Sura Menggala: baiklah! (berbalik pergi, dengan semangat. Setelah beberapa langkah ia berbalik)
                        Naik bis pake ongkos ya?? Ongkosnya mana?
GM Nora         : sekertaris beri ia uang!
Sekertaris        : (mengambil uang)       ini!    (menyerahkan uang)
GM Nora         : baiklah, ku beri kau 10.000. Gunakan seperlunya! Aku harap itu cukup!
Sura Menggala: ha.... 10.000! Ngga salah??
GM Nora         : ada apa?
Sura Menggala: tidak paman! Kalau begitu saya pergi sekarang!
Sura Menggala pergi dangan gusar, diperjalanan ia selalu mengumpat.
Sura Menggala: huh.... Apa ini.... Ke solo kok 10.000!!! Lha buat apa??? Buat masuk toilet saja sudah 1500,
  Buat beli es teh 1000,.. Lha belum makannya, makan di kfc saja sudah 15000, ini cuma
  10.000, buat naik angkot, baru duduk paling sudah suruh turun lagi, gimana nyampe
  Surabaya!!! Masa jalan kaki, bisa lempoh aku...
Tak lama ia bertemu dengan karyawan yang  baru pulang kerja.
Rosa                : hai.. Karyawan baru ya? Kok ngomong sendiri?
Sura Menggala            : ha, bukan... Eh iya karyawan! Kamu karyawan juga ya?
Rosa                : iya! Aku rosa!
Sura Menggala            : aku mega ! Sura Menggala!
Rosa                : kenapa ngomong sendiri? Lagi marah ya?
Sura Menggala            : ini sa, masa aku disuruh sama GM Nora   ngantarkan surat ini ke GM Giri. Cuma dikasih

10.000. Itu pun di surabaya! Lha gimana mau nyampe???
Rosa                : lha kalo aku, mau uang berapa pun akan ku jalankan dengan baik karena itu perintah GM, apalagi GM sudah sangat membantu keluarga saya!
Sura Menggala: nha kalo begitu, kamu saja yang mengantarkannya!! Kita bagi dua uangnya! Aku 5000,kamu
 5000! Gimana mau ngga??
Rosa                : hah,, kan kamu dikasih 10.000, kok jadi 5000... Gimana itu...
Sura Menggala            : lha katanya uang berapapun kamu mau, asal yang suruh GM!!
Rosa                : baiklah kalau begitu, aku terima!!
Sura Menggala            : siiip... Selamat menempuh perjalanan, aku pergi dulu!
Kemudian mereka berpisah, dan akhirnya rosa sampai di rumah GM Girii, disana ia disambut dengan baik
Rosa                : selamat siang!
GM Giri          : siang.
Rosa                : maaf mengganggu GM Giri!
GM Giri          : tidak apa-apa! Ada apa mencariku?
Rosa                : hamba diutus oleh GM Nora  untuk menyampaikan surat ini pada GM Giri!
GM Giri          :  jadi kau utusan GM Nora  itu? Aku sudah menunggumu sejak kemaren!
Rosa                : terimakasih GM Giri telah sabar menanti saya! Ini suratnya.
(katanya sambil menyerahkan surat)
GM Giri          : tidak.. Pegang surat itu dan baca keras-keras !
Rosa                : baiklah GM Giri,
                        ”yang membawa surat ini sampai ke tangan mu GM Giri, dialah yang aku pilihkan untuk menjadi pasangan bagi putrimu yang nan cantik jelita itu”
(rosa terpaku, dia kaget) GM Giri,, apa maksudnya ini?
GM Giri          : karena GM Nora  telah memintanya, maka akan aku nikahkan kau dengan putriku,, mari      masuk, akan ku kenalkan kau dengan putri ku.
Rosa                : terima kasih GM Giri, beribu terima kasih
Kemudian mereka pergi untuk menemua sang putri.
Di tempat lain, GM Nora   sedang berunding dengan sekertaris tentang masalah Sura Menggala.
GM Nora         : sekertaris apa yang terjadi? Mengapa yang menjadi mantu GM Giri bukan mega , melainkan  rosa karya?
Sekertaris        : begini GM, diperjalanan mega bertemu dengan rosa. Rosa adalah orang yang baik dan seorang pekerja keras sehingga ia mau menggantikan tugas mega untuk mengantarkan surat pada GM Giri.
GM Nora         : benar-benar si mega , ia terlalu pemalas! Panggil mega kemari lagi!
Sekertaris        : baik GM!
Kemudian sekertaris berjaln mencari Sura Menggala. Akhirnya patih menemukan mega yang
Sedang duduk termangu, tanpa melakukan apapun. Seperti sebelumnya.

Sekertaris        : mega !
Sura Menggala            : ya...(kaget) sekertaris??
Sekertaris        : ya.
Sura Menggala            : ada apa sekertaris?Apakah akan dipecat!
Sekertaris        : tidak mega, aku kesini tidak untuk memecatmu mu! Apa kau merasa berbuat salah?
Sura Menggala            : emm... Emmm.... Tidak sekertaris! (Sura Menggala panik)
Sekertaris        : kalau begitu sudahlah! GM ingin bertemu dengan mu!
Sura Menggala            : baiklah sekertaris!
Kemudian mereka berjalan bersama menuju istana.
Sura Menggala            : selamat siang paman!
GM Nora         : siang!!! Bagaimana dengan tugasmu kemarin?
Sura Menggala            : ummm... Ummm... (mega ketakutan)
GM Nora         : atas apa yang telah kau lakukan kemarin, aku beri kau imbalan! Biar bagaimanapun surat itu
                        Telah sampai ke tangan GM Giri.
Sura Menggala            : benarkah paman! Terimakasih banyak!
GM Nora         : kalau begitu, beri dia hadiahnya sekertaris!!! Kau baca dan kau pahami nanti saat kau di
                        Rumah!
Sekertaris        : ini hadiahmu!     ( sambil menyerahkan sebuah buku jelek dan usang)
Sura Menggala            : hah??                  ( Sura Menggala kembali kecewa)
 Kalau begitu hamba langsung pergi saja!   Trimakasih,  (katanya dengan sedikit membentak)
Diperjalanan Sura Menggala juga hanya mengumpat
Sura Menggala: huh,, ternyata paman memang kere...  Masa hadiah cuma kaya gini! Ini di gudangku pun
Banyak! Buat apa ini!!
Kemudian ia melihat anak kecil sedang melintas,
Sura Menggala            : huoey,, anak kecil! Sedang apa kau?
Anak kecil       : sedang mencari sampah tuan!
Sura Menggala            : hummzz... Apakah kau bersekolah??
Anak               : ya, memangnya kenapa?
Sura Menggala            : pasti kau butuh buku!! Aku punya buku, apa kau mau??
Anak               : tentu saja aku mau! Kau mau memberikannya kepadaku??
Sura Menggala            : tentu saja tidak! Kau harus membayarnya!
Anak               : berapa?
Sura Menggala            : karena kau, orang miskin maka aku beri kau diskon, kau cukup bayar 2500 saja!
Anak               : baiklah kalo begitu, ini uangnya!
Sura Menggala: ya!(mereka bertukar benda) kalau begitu aku pulang!! Aku mau makan nasi rames!!! Sana
Makan tu buku! (kata mega menggala sambil meninggalkan bocah itu)
Anak               : waahhh, aku punya buku cerita!!! Apa ya isinya?? (membuka buku)
                       
Waaahhhh… peta harta karun! (anak itu berteriak terkejut, bahagia)
Di lain tempat, GM Nora   sangat marah karena yang mendapatkan harta karun berlimpah itu bukan mega, melainkan seorang pemulung.
GM Nora         : ini benar-benar sangat disayangkan! Lagi-lagi mega membuatku marah! Apa yang terjadi
                        Dengan nya sekertaris?
Sekertaris        : dia menjual buku yang telah GM berikan pada pemulung itu!
GM Nora         : kurang ajar dia, berapa dia jual buku itu?
Sekertaris        : 2500 GM Nora  !
GM Nora         : apa hanya 2500, dia rela menukarkan emas berkilo-kilo dengan uang 2500 saja. Panggil dia
                        Kemari!
Sekertaris        : baik GM Nora  !
Sekertaris kembali mencari Sura Menggala dan Sura Menggala kedapatan sedang duduk termangu!
Sekertaris        : mega, GM Nora   kembali mengundanGMu!
Sura Menggala            : baiklah! ( tanpa banyak bertanya sura langsung datng menemui GM Nora  )
Mereka berjalan menuju istana.
Sura Menggala: selamat siang paman! Apa yang harus hamba lakukan untuk paman!
GM Nora         : kau pintar sekali mega! Aku suka padamu! Aku memang ingin minta bantuan mu untuk
                        Mengantarkan surat ini pada GM Giri wonoGiri! Apakah kau bersedia?
Sura Menggala            : baiklah paman! Hamba sangat bersedia!
GM Nora         : karena ku dengar kemaren kau merasa kurang dengan uangnya, kuberi kau 50.000 untuk
                        Ongkos.
Sura Menggala            : baiklah GM Nora  , hamba akan melaksanakan tugas dengan sangat baik.
Kemudian mega menggala pergi, dan dalam perjalanannya.
Sura Menggala: wuahhh.... Tugas pertama rosa mendapat istri yang cantik, tugas kedua mendapatkan harta
Karun, tugas ketiga ini pasti mendapatkan ........ Mendapatkan........ Oh tidak... Aku akan menjadi
Seorang meneger!Waaahhh senangnya!!!!Aku takan sial untuk ke 3 kalinya.
Akhirnya Sura Menggala sampai di tempat GM Giri.
Sura Menggala            :selamat siang GM Giri.
Saya diutus oleh GM Nora   untuk menyampaikan surat ini pada GM Giri!
GM Giri          : jadi kau utusan GM Nora  itu? Aku sudah menunggumu!
Sura Menggala: terimakasih GM Giri telah sabar menanti saya! Ini suratnya. (katanya sambil menyerahkan
Surat)
GM Giri          : tidak.. Pegang surat itu dan baca keras-keras
Sura Menggala            : baiklah GM Giri,
‘’ GM Giri ! Yang membawa surat ini sudah 2 kali melanggar perintahku. Sebab itu masukkan dia menjadi karyawan angkut gudang”
                        Apa....(kaget histeris)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBACA GARIS LINTANG DAN GARIS BUJUR

Kita akan belajar tentang garis lintang dan garis bujur. Dengan belajar garis lintang dan garis bujur kita bisa membaca sebuah peta dengan lebih baik, selain itu akan membantu kita dalam mempelajari tentang alam. Sebelumnya kita lihat penjelasan dari Youtube berikut ini! Setelah melihat video diatas kita jadi tahu tentang apa itu garis lintang dan garis bujur ya, sesuai gambar, garis bujur adalah garis yang melintang vertikal (Garis Bujur adalah garis maya yang ditarik dari kutub utara hingga ke kutub selatan atau sebaliknya), sedangkan garis lintang adalah garis yang melintang horisontal (Dalam bahasa Indonesia lintang di sebelah utara khatulistiwa diberi nama Lintang Utara (LU), demikian jua lintang di sebelah selatan khatulistiwa diberi nama Lintang Selatan (LS)).

BAHASA JAWA-KAMIS, 16092021-

 JAWABAN PERTANYAAN BAHASA JAWA TENTANG DWILINGGA, TEMBUNG ENTAR LAN TEMBUNG ANDHAHAN TEMBUNG-TEMBUNG ING JERO KURUNG IKI BENERNA! 1. ngguya-ngguyu 2. mlayu-mlayu 3. sora-sare 4. undur-undur 5. ali-ali 6. paru-paru 7. gojag gajeg 8. balang-balangan 9. tokan-takon 10. ondhe-ondhe jodhokna pretelan sisih kiwa lan tengen supaya mathuk! 1. E (taberi=sregep) 2. D (kojah=mulang) 3. A (sira=kowe) 4. B (pasthi=temenan) 5. C (singgahana=dhelikna) 6. E (nggenggem tangan= kesed) 7. D (resik atine=becik) 8. A (dawa tangane=seneng nyolong) 9. C (landhep dhengkul=bodho) 10. B (padhang ulate=sumeh)

JAWABAN TUGAS BDR 22-24 MEI 2023