Langsung ke konten utama

TULANG

Rangka adalah suatu sistem organ yang memberikan dukungan fisik pada makhluk hidup

Fungsi Rangka pada Manusia

Kerangka pada tubuh manusia memiliki beberapa fungsi utama, yaitu:

  • Penegak tubuh

  • Pembentuk tubuh

  • Tempat Melekatnya otot

  • Tempat terjadinya proses pembentukan sel darah merah

  • Alat gerak pasif


    ralat: tulang pengumpil lurus dengan tulang jari jempol ya


Kerangka pada manusia dapat dibagi ke dalam 3 kelompok yaitu:,

RANGKA TENGKORAK

Bagian tengkorak pada sistem gerak manusia tersusun atas tulang-tulang pipih yang menjadi tempat terjadinya proses pembentukan sel-sel darah merah dan putih. Bagian tengkorak pada manusia terdiri dari:

RANGKA BADAN

Bagian rangka badan pada manusia dipisahkan ke dalam 5 kelompok yaitu Ruas-ruas tulang belakang, Tulang rusuk,  Tulang dada,   Gelang bahu, dan Gelang panggul seperti dapat dilihat di dalam gambar berikut ini:

RANGKA ANGGOTA GERAK

Bagian ini juga terbagi lagi ke dalam 2 bagian yaitu anggota gerak atas dan bawah:

Anggota gerak atas: Anggota gerak ini terdapat pada tangan kanan dan tangan kiri

Anggota Gerak Bawah: Untuk anggota gerak bawah tentunya merupakan rangka penyusun kaki kanan dan kiri


Jenis-jenis Tulang



WAKTUNYA MENYANYI
Kalian tau lagu ini? 

 
lagu tersebut termasuk dalam lagu bertangga nada mayor.
apa itu tangga lagu mayor? tangga lagu mayor adalah tangga lagu yang bersifat riang gembira.

Tulis di buku tulismu, sebutkan 3 lagu bertangga nada mayor atau yang terdengar riang gembira! 

SEKARANG KITA MENYANYI YUK

#nada yang digunakan adalah reff dari lagu tanjung perak

lirik tulang dahi tulang pelipis tulang mata dan tulang pipi tulang hidung tulang telinga_rahang atas rahang bawah yang diatas, ubun-ubun tulang selangka tulang belikat tulang dada ada di depan tulang rusuk ada dua_rusuk sjati rusuk palsu tulang belakang, tulang ekor tulang leher tulang lengan tulang pengumpil dan tulang hasta tulang jari-jari tangan dan pergelangan tangan dan juga, telapak tangan tulang panggul tulang paha tulang kering dan tulang betis tulang pergelangan kaki dan juga jari kaki yang terakhir, tempurung lutut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBACA GARIS LINTANG DAN GARIS BUJUR

Kita akan belajar tentang garis lintang dan garis bujur. Dengan belajar garis lintang dan garis bujur kita bisa membaca sebuah peta dengan lebih baik, selain itu akan membantu kita dalam mempelajari tentang alam. Sebelumnya kita lihat penjelasan dari Youtube berikut ini! Setelah melihat video diatas kita jadi tahu tentang apa itu garis lintang dan garis bujur ya, sesuai gambar, garis bujur adalah garis yang melintang vertikal (Garis Bujur adalah garis maya yang ditarik dari kutub utara hingga ke kutub selatan atau sebaliknya), sedangkan garis lintang adalah garis yang melintang horisontal (Dalam bahasa Indonesia lintang di sebelah utara khatulistiwa diberi nama Lintang Utara (LU), demikian jua lintang di sebelah selatan khatulistiwa diberi nama Lintang Selatan (LS)).

BAHASA JAWA-KAMIS, 16092021-

 JAWABAN PERTANYAAN BAHASA JAWA TENTANG DWILINGGA, TEMBUNG ENTAR LAN TEMBUNG ANDHAHAN TEMBUNG-TEMBUNG ING JERO KURUNG IKI BENERNA! 1. ngguya-ngguyu 2. mlayu-mlayu 3. sora-sare 4. undur-undur 5. ali-ali 6. paru-paru 7. gojag gajeg 8. balang-balangan 9. tokan-takon 10. ondhe-ondhe jodhokna pretelan sisih kiwa lan tengen supaya mathuk! 1. E (taberi=sregep) 2. D (kojah=mulang) 3. A (sira=kowe) 4. B (pasthi=temenan) 5. C (singgahana=dhelikna) 6. E (nggenggem tangan= kesed) 7. D (resik atine=becik) 8. A (dawa tangane=seneng nyolong) 9. C (landhep dhengkul=bodho) 10. B (padhang ulate=sumeh)

JAWABAN TUGAS BDR 22-24 MEI 2023